BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

About Me

Foto Saya
yusuf is uchup boy
cool bangetz, sesuatu deh...
Lihat profil lengkapku

Senin, 21 November 2011

Tips Jitu Merawat Mesin Diesel

Mesin Diesel merupakan mesin internal combution yang mampu menghasilkan torsi besar pada RPM rendah dengan sistem tanpa penyalaan(busi) seperti pada mesin motor bensin.
Sistem pembakaran bahan bakar bisa terjadi secara sendiri karena besarnya kompresi mesin yang mampu membakar bahan bakar beroktan rendah seperti solar. dan untuk kapasitas mesin rata-rata di atas 2000cc. Karena sistem yang dipergunakan pada mesin diesel cukup sedikit yakni sistem bahan bakar saja(untuk mesin yang masih menggunakan Bosch Pump) maka mesin diesel seolah-olah tidak membutuhkan perawatan secara yang berarti.
Pada akhir-akhir ini mesin diesel berkembang pesat dan paling populer dibenua eropa, hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi diesel yang sudah menerapkan sistem Common Rail dan hasilnya mesin sehalus mesin bensin, Torsi puncak tercapai pada RPM rendah, serta hasil yang paling extrem yakni hasil emisi gas buangnya lebih ramah lingkungan dibanding mesin bensin(Kadar racun lebih rendah dari gas buang mesin bensin).
Sedangkan Cara Merawat Mesin Diesel (yang masih menggunakan bosch pump) secara mudah yakni:
  1. Bersihkan Filter Udara. Kalau memang malas ke bengkel mampir aja ke tukang tambal ban, semprot filter dari bagian dalam dengan udara bersih bertekanan tinggi. Untuk penggantian umumnya tiap 2.500 km  tergantung medan juga lihat buku panduan mobil anda.
  2. Ganti Filter Solar & Filter Oli. Penggantian Filter umumnya pada 2.500km tergantung medan kota anda.
  3. Cek Tabung sedimen. Tabung sedimen pada mesin diesel berfungsi sebagai pemisah antara solar dan air, hal ini dilengkapi sensor yang mampu mendeteksi adanya air didalam tabung sedimen dan akan menyalakan lampu warning pada panel speedometer. Kalau lampu indikator air pada sedimen menyala sebaiknya kuras tabung sedimen dan buang angin saluran bahan bakar agar mesin nyala normal lagi.
  4. Ganti oli mesin secara rutin. Lihat buku manual anda.
  5. Service Bosch Pump dan nozle apabila tarikan mulai terasa gembot. Service boshc pump dan nosel ke bengkel spesialis bosch pump
  6. Kuras tangki bahan bakar apabila aliran solar kotor. Untuk kendaraan bermesin diesel sering mengalami tangki bahan bakar kotor, hal ini bisa terindikasi pada solar yang masuk ke filter keruh dan berwarna hitam. Agar sistem bahan bakar bisa optimal sebaiknya kuras tangki bahan bakar mobil anda.
  7. Cek Air Radiator.
  8. Cek Air Aki.
  9. Panasi Mesin sebelum penggunaan. Memanasi mesin bertujuan untuk mengoptimalkan sistem pelumasan mesin serta memeratakan temperatur kerja mesin.

0 komentar: