untuk jenis karburator double venturi seperti kijang, corlla dx, charade, colt dan lain-lain yang umumnya memiliki kapasitas mesin antar 1300-1600CC bisa kita optimumkan tingkat keiritannya dengan melakukan setting ulang tanpa menghiraukan pola mengemudi ala rossi. Pola mengemudi ala pembalap so pasti bikin mesin haus akan BBM serta mengakibatkan komponen-komponen mesin, kanvas kopling dan oenggerak roda cepat rusak.
Tips Setting karburator irit BBM untuk jenis double venturi yakni:
- Lepas Filter Udara
- Buka karburator seperti pada gambar.
- Bersihkan semua saluran karburator menggunakan angin bersih bertekanan tinggi.
- Set ulang besar spuyer main jet 1 dan main jet 2. Main jet 1 lurus ama skep venturi 1 yang terhubung ke seling pedal gas.
- Set main jet 1 pada 90-105. Untuk irit alselerasi gesit pakai 95 saja.
- Set main jet 2 pada 140-160. yang suka top power bisa pergunakan 150 saja
- Set tinggi bensin dalam ruang pelampung sesuai tanda.
- Pastikan ruang pelampung dan semua saluran bersih dari kotoran.
- Pastikan injektor akselerator bekerja normal dan tidak buntu.
- Pastikan jarum pelampung/ventilator bersih dan bagus.
- Lengkapi kembali karburator.
- Pastikan pompa injektor akselerator masuk dengan benar. cara memasukkan putar dan dorong pelan-pelan agar pompa injektor akselerator tidak rusak.
- Ganti Filter bensin biar karburator tidak kotor lagi.
- Lengkapi filter udara.
- Start mesin.
NB:
- Setel campuran bbm yakni stelan berwarna kuning pada karburator. masukkan sampai mesin bergetar mau mati dan stel keluar sampai putaran rata dan halus.
- Pastikan advance sentrifugal bekerja normal. Baca Cara service delco.
- Set pengapian pada 7 derajat (Tanpa vakum) untuk jenis toyota dan lihat data spesifikasi untuk mesin lainnya.
- Untuk perjalanan jauh set ulang timing pengapian pada 5 derajat(Tanpa vakum).
0 komentar:
Posting Komentar